Online Shop Baju Anak

Selasa, 09 Juli 2019

AWAL MENCOBA BISNIS ONLINE

Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya ketika mencoba bisnis online. Konsentrasi saya jualan online adalah, baju anak-anak dari usia 1 tahun-14 tahun. Awalnya saya kepikiran untuk jualan online adalah supaya dapat uang tambahan buat jajan.. hehehe..
Sebenernya saya sudah ada penghasilan sebagai pekerja kantoran, tapi saya fikir dengan jualan online bisa menambah ilmu bisnis saya.

Saya mulai berjualan baju anak mulai bulan September 2018 sampai sekarang. Nama online shop saya adalah : ALFAR SHOP. 

Awalnya saya mencoba mencari-cari supplier baju anak via google. Akhirnya nemu satu supplier baju anak daerah Depok yaitu Lam**t* shop. Harga yang ditawarkan termasuk murah, apalagi kalau ambil grosiran.

Saya berjualan via online market place (Bukalapak, Shoope, Tokopedia, IG, FB) dan juga via offline (nawarin langsung ke teman2).

Setelah satu bulan berjalan, teman SMP ku tiba2 inbox di IG setelah melihat jualananku. Dia menawarkan kerjasama untuk ambil barang melalui dia. Kebetulan dia adalah salah satu agen baju anak brand Upright untuk wilayah Jakarta Utara. Akhirnya saya mulai ambil baju anak dari dia. Sehingga supplier saya bertambah jadi 2.

Uia,, modal awal yang saya keluarkan untuk belanja baju anak waktu itu Rp. 300.000. Alhamdulillah,, setelah 2 bulan berjalan, bisnis saya sudah balik modal. Keuntungan yang di dapat juga alhamdulillah lumayan. Saya mulai menambah modal lagi dari uang gaji saya supaya bisa belanja lebih banyak lagi. Sehingga keuntungan yang di dapat bisa semakin banyak.

Seperti yang kita tahu bahwa dalam berbisnis pasti ada masa pasang surutnya. Pernah saya berjualan baju anak laku banyak dan dapat keuntungan bisa Rp. 1000.000 an dalam sebulan. Tetapi ada kalanya sedang sepi pembeli dan untungnya pun hanya sedikit. Jadi buat para pebisnis pemula sudah harus siap menghadapai hal seperti ini. Biasanya baju laku terjual banyak itu pada saat bulan puasa menjelang lebaran.

Godaan terbesar emak2 seperti saya adalah ketika melihat keuntungan yang di dapat dari hasil jualan ini. Waktu itu saya khilaf buat make keuntungan buat belanja keperluan pribadi. Hehehheh..
Tapi saat gajian, aq tetap ganti koq uang labanya. hehehe..
Harusnya tidak boleh ditiru ya Bu Ibu....
Kita harus bisa pelit dalam hal ini agar bisa nahan godaan supaya tidak make uang keuntungan. Kecuali buat digunakan untuk keperluan bisnis juga, misalnya membeli gantungan baju, rak baju, karpet buat alas foto baju.

Berikut saya kasih sedikit tips untuk emak2 yang baru mau mulai bisnis online :

1. Harus tentukan mau bisnis/usaha apa. Kalau bisa yang sesuai sama passion kita ya. Biar enak ngejalaninnya.

2. Cari supplier termurah. Bisa cek2 di google atau di marketplace. Syukur2 kalau sudah ada modal gede, langsung belanja ke pasar grosir seperti Tanah Abang, Mangga Dua, dll.

3. Mulai bikin account di marketplace, seperti bukalapak, shoope, Tokped, dll.

4. Banyak2 baca buku tentang bisnis atau ikut dalam grup bisnis/usaha yang ada di FB atau IG

5. Harus bisa nahan godaan untuk tidak memakai uang keuntungan buat hal2 tidak penting

6. Dan yang paling penting harus punya mental baja, teguh dan pantang menyerah buat jualan.

Itulah sedikit tips dari saya buat yang mau mulai usaha. Maafkan kalau ada kata2 yang kurang ya...

Harapan saya ke depannya, saya bisa jadi salah satu agen/supplier baju anak juga. Dan syukur2 bisa punya toko sendiri. Aamiin... *sambil menghayal* ^_^

Ayokk,, buat para bunda, emak2, bu ibu,, yang mau beli baju anak atau mau jadi reseller ku bisa join sama aq ya. Bisa liat toko ku di :

                                     1. Instagram : @tea_isty (Alfar Shop)

                                     2. Bukalapak : Alfar Shop


                                     3. Shoope : ALFAR SHOP (Istialfar86)
















2 komentar:

  1. Keren banget semangatnya mba :)
    Zaman sekarang sudah mudah banget ya segalanya, tinggal kita mau bergerak aja.
    Dan saya setuju banget, cari bisnis sesuai passion, klau enggak bakalan sulit jalaninnya :)

    Keren deh udah bisa balik modal, saya dulu jualan boro-boro balik modal, malah nggak laku hahaha.
    Dulu emang masih gak secanggih sekarang, ada beragam market place :)

    BalasHapus
  2. Makasih ya Mba Rey dah mampir di blog aq.. ^_^

    Iya mba betull banget tuh, semua berawal dari diri kita yang mau bergerak atau gak. kalau kita sudah berani terjun di dunia usaha, harus brani dan siap menanggung resiko apapun.

    ALahamdulillah,, kemaren sempet balik modal karena kebetulan bulan puasa juga, jadi banyak yang order baju anak. hehehe..

    Tetep semangat ya mba rey buat usaha dan bisnisnya. aq juga dulu pernah jd member oriflame, tapi karena ga kepegang, jadi mundur perlahan deh. hehehe..

    BalasHapus