Online Shop Baju Anak

Selasa, 09 Juli 2019

MEMILIH TEMPAT LES UNTUK ANAK

Kali ini saya akan membahas pengalaman saya ketika memilih pendidikan untuk anak saya, Muhammad Alfarizqi Nurrahman. Biasa dipanggil ALFAR.


Alfar saat ini berusia 6 tahun 3 bulan. Sejak umur 3 tahun sampai 6 tahun, Alfar sudah saya masukan ke PAUD deket rumah. Karena saya fikir, dengan memasukan anak ke PAUD, anak jadi belajar sosialisai dan mandiri. Alhamdulillah setelah ikut PAUD, Alfar jadi anak yang berani, kreatif dan bonusnya sekarang sudah bisa membaca dan menulis. 

Bulan Juni lalu Alfar sudah terima ijazah PAUD. Awalnya saya bingung mau memasukan Alfar langsung SD atau TK dulu. Menurut aturan Pemerintah sekarang, usia masuk SD minimal 6,5 tahun. Tapi akan lebih diprioritaskan bagi yang berumur lebih dari 6,5 tahun. Karena umurnya masih belum cukup untuk masuk SD Negeri, maka saya cari alternatif lain. 

Alasan saya tidak memasukan Alfar ke TK, Karena menurut saya materi yang di ajarkan di PAUD tidak jauh beda dengan materi yang ada di TK. Kalau Alfar sendiri sebenrnya hanya tinggal mengulang pelajaran saja agar lebih mantap untuk persiapan masuk SD tahun depan.

Saya sempat survey ke beberapa tempat les dekat rumah, salah satunya BIMBA AIUEO. Saat datang kesana, saya dijelaskan materi apa saja yang akan di dapat dari BIMBA. Secara umum si materinya bagus buat pemula terutama anak usia 3 tahun. Mereka ada jenjang2 kelas nya gitu. Tapi setiap anak yang daftar harus mengikuti kelas dari awal atau dasarnya. 

Berikut saya infokan rincian biaya les di BIMBA :

1. Biaya pendaftaran                       : Rp. 375.000
2. Kelas standar (1 guru, 4 murid)    : mulai dari Rp 280.000 - 550.000/bulan
3. Kelas khusu (1 guru, 2 murid)       : mulai dari Rp. 560.000 - 1.100.000/bulan


Setelah diskusi dengan suami dan mama di rumah, Mama tidak setuju kalau Alfar les di BIMBA. Mama lebih 'sreg' jika di ikutkan les rumahan dekat rumah. Karena menurut mama, yang mengajar juga eks guru PAUD nya Alfar. Jadi sudah kenal dengan baik sama Alfar. Dan sudah banyak yang les disana. Biaya les juga lebih murah dibanding BIMBA. Hanya 100.000/bulan dengan jam belajar 3 kali dalam seminggu.

Per Senin kemarin, Alfar sudah mulai mengikuti les. Pelajaran yang di dapat juga sebenernya sudah pernah dia dapat saat di PAUD. Setidaknya biar Alfar tidak lupa dengan pelajaran yang sudah diajarkan. Sehingga tahun depan Alfar bisa siap masuk SD.
Semangat ya Anak ganteng kesayangan... 

Untuk para Mommy diluar sana yang masih bingung memilih sekolah atau pendidikan anaknya, Berikut tips dari saya :
1. Sesuaikan biaya pendidikan dengan kemampuan budget yang kita punya. Kita tidak            harus pilih sekolah atau tempat les yang mahal kalau memang ada yang lebih murah          dengan kualitas yang tidak kalah bagus.

2. Jarak yang dekat dengan rumah.
    Ini sangat berpengaruh, terutama bagi yang tidak punya kendaraan pribadi atau bagi          yang mengantar anak kita adalah orang tua kita yang notabene sudah sepuh dan tidak        kuat jalan jauh.

3. Tetap harus bertanya juga kepada anak. Karena biar bagaimanapun juga yang belajar adalah anak        kita sendiri. Kalau anaknya sudah tidak sreg, pasti sebagus apapun tempat les nya, anak kita tidak         dapat menyerap pelajaran dengan baik.

Oke deh Mommy2 disana, sekian dulu ya tips dari saya. Semoga bermanfaat dan tidak galau lagi dalam memilih pendidikan buat anak kita.
Uia, yang mau follow IG aq : @tea_isty
                                FB aq : Nur Istiqlaliah

Terima kasih... ^_^




Semangat ya Anak ganteng kesayangan... 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar